5 Tempat Wisata di Yogyakarta Dekat Malioboro Yang Popular

Jogja memberi nuansa yang masih kental hingga saat ini. Daya tarik wisata pun masih mempesona. Alhasil ada banyak wisatawan yang datang ke Jogja, meski mungkin kebanyakan dari mereka juga belum pernah datang sebelumnya.

Salah satu kawasan wisata Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah kawasan Malioboro. Suasana Malioboro menjadi atmosfir yang sangat nyaman untuk dijelajahi. Selain itu ada banyak tempat wisata di jogja dekat Malioboro yang bisa dikunjungi dengan mudah oleh para turis dengan becak, delman, atau bahkan dengan berjalan kaki.


1. Tugu Jogja
Tugu JogjaTugu Jogja adalah monumen di tengah jalan sekitar Malioboro bernama Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih. Monumen ini memiliki potensi sejarah tersendiri di Jogjakarta.

Meski lokasinya di tengah jalan raya, ada banyak wisatawan yang mengunjunginya hanya berfoto, baik di siang maupun malam. Konon, monumen ini memiliki sejarah panjang hingga menjadi ikon kota Yogyakarta.

Monumen yang dibangun pada tahun 1755 ini sudah sangat tua. Dulu adalah Pangeran Raden Mas Sujadan (Sultan Hamengku Buwono I) yang membangun monumen ini sebagai simbol persatuan melawan Belanda.

2. Jalan Malioboro
Jalan Malioboro Jika mencari lokasi wisata yang tidak jauh dari Malioboro, tentu saja jalan Malioboro sendiri adalah jawabannya. Ada banyak situs wisata kuliner yang bisa dijelajahi.

Ada banyak angkringan yang buka di malam hari, dan sering digunakan oleh banyak anak muda untuk nongkrong. Selain itu ada banyak penginapan di sekitar Malioboro yang menjadikan Malioboro sebagai lokasi yang padat dan khas.

Selain itu ada banyak pusat suvenir di Malioboro yang bisa dikunjungi untuk belanja. Tentu saja Jalan Malioboro telah semakin ramai setelah pembenahan dalam beberapa bulan terakhir.


3. Kilometer Titik Nol
Zero Kilometer Point Jika berangkat dari stasiun ke Malioboro, Anda akan menemukan Zero Zero unik di Yogyakarta. Itulah Zero Kilometer Jogja.

Ada banyak bangunan kolonial Belanda yang kerap dikunjungi wisatawan untuk sekedar memburu foto-foto suasana Jogja. Bahkan kawasan ini juga ramai dikunjungi pada malam hari.

Pada malam hari, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Salah satunya berkumpul dengan teman sambil menyaksikan aksi dan seni dari masyarakat Jogja. Kalau penasaran, datang saja langsung ke situ.

4. Taman Sari
Taman Sari Salah satu kompleks Kraton Jogja adalah Taman Sari Water Castle. Lokasi ini merupakan lokasi pemandian para raja dan ratu Kraton Jogja di zaman kuno.

Di hari ini dan usia, lokasi ini hanya dijadikan tur. Ada kolam renang yang merupakan tempat mandi dan berenang raja dan ratu.

Sementara di bagian belakang Taman Sari, ada juga banyak bangunan tua yang menarik untuk dipotret.

Salah satunya adalah Masjid Bawah Tanah di Taman Sari yang begitu populer di media sosial. Ada yang tua tapi sangat eksotis menghubungkan tangga untuk mengambil gambar.

5. Stasiun Kereta Api Tugu
Stasiun Tugu Selain Lempuyangan, Yogyakarta juga memiliki stasiun yang unik, yaitu Stasiun Tugu Jogja. Stasiun ini merupakan awal kedatangan beberapa wisatawan. Dari stasiun ini kebanyakan petualangan dimulai.

Wisatawan yang datang dari stasiun monumen biasanya akan menjelajahi kawasan monumen dan Malioboro. Bahkan banyak yang mencari penginapan. Stasiun Tugu menjadi lokasi awal kegiatan wisata.

Banyak wisatawan juga datang ke Stasiun Tugu meski mereka tidak menggunakan fasilitas kereta api dari sana. Tujuannya adalah memotret. Jika punya waktu yang lebih banyak bisa berwisata ke tempat ini Bukit Paralayang Parangtritis. Untuk merasakan sensasi baru. 

Postingan populer dari blog ini

Sewa Mobil Jogja Menuju Bukit Paralayang Parangtritis

10 Rahasia Kecantikan Wanita Tionghoa, Nomor 2 Mudah Dilakukan!